Sekilas
Tentang PT.MATAHARI DEPARTMENT STORE.Tbk
Saat ini banyak nama Matahari Depatment Store adalah nama yang
tidak asing bagi kebanyakan orang, khususnya di kota-kota besar di Indonesia.
Nama ini lekat dengan suatu bangunan yang cukup megah, berada di tengah kota,
dan banyak memberikan potongan harga untuk penjualan barang-barang tertentu,
khususnya untuk fashion, makanan dan minuman. Matahari merupakan brand Image
untuk kelas menegah ke atas dan banyak dijumpai di kota-kota besar di seluruh
Indonesia.
PT. Matahari Department Store, Tbk merupakan perusahaan yang
bergerak dibidang retail, baik department store ataupun supermarket. Pada
bidang department store PT. Matahari Department,Tbk telah menyediakan aneka
kebutuhan mulai dari pakaian sampai kebutuhan alat - alat rumah tangga, dimana
komposisi yang ada di Matahari Department Store tergantung dari tipe dari
sebuah toko Matahari Department Store .
Adapun komposisi produk dari segi tipe sebuah toko sebagai
berikut :
·
Untuk Tipe Toko A (
Total Nilai Penjualan pertahun > 50 miliar) dengan komposisi produk 70%
produk konsinyasi (produk supplier yang dititipkan pada Matahari
Department Store) dan 30% produk Private Brand.
·
Untuk Tipe Toko B (
Total Nilai Penjualan pertahun 30 > 50 miliar) dengan komposisi produk
60% produk konsinyasi dan 40% produk Private Brand.
·
Untuk Tipe Toko C (
Total Nilai Penjualan pertahun < 30 miliar) dengan komposisi produk 50%
produk konsinyasi dan 50% produk Private Brand
·
Perkembangan
grup Matahari sudah sedemikian luas, sehingga tidak hanya Department Store
saja, tetapi juga sudah merambah pada Minimarket, Supermarket (khusus
menjual makanan dan minuman), bahkan Hypermarket yang terkenal dengan nama
Hypermart. Saat ini Hypermart telah membuka cabang utama di Serpong,
Tangerang pada bulan April 2004. Kehadiran Hypermart telah meningkat suhu
persaingan yang sangat tinggi diantara Hypermarket sekitar daerah Serpong,
karena di daerah tersebut telah ada Hypermarket Makro (Belanda), Carefour
(Perancis) dan Giant (Grup Hero kerja sama dengan Malaysia) .
Perkembangan grup
Matahari yang sangat pesat itu, tentu saja tidak lepas dari perjalanan dan
perjuangan keras perusahaan ini di masa lalu. Pendiri Matahari adalah Hari
Darmawan, dimana pada tahan 1958 adalah tahun pertama beliau bersama
keluarganya membuka toko Matahari di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pada
saat dibuka ruangan yang digunakan adalah masih sederhana, hanya satu lantai
dan hanya berfokus pada penjualan pakaian dan kosmetik Selanjutnya terjadi
kemajuan yang menggembirakan dimana omset yang didapat toko Matahari semakin
naik secara signifikan, sehingga pada tahun 1972 toko Matahari memutuskan untuk
memperluas tempat usahanya di tempat tersebut. Selain itu jumlah dan jenis
barang juga ditambah tidak hanya menjual fashion saja, tetapi juga makanan,
minuman, peralatan rumah tangga dan peralatan elektronik. Pada tahun itu juga
Matahari mengukuhkan dirinya sebagai pionir atau toko yang pertama dalam
membuka Supermarket di Indonesia. Pada tahun 1972 Supermarket dalam hal ini
dapat diartikan sebagai toko serba ada yang mejual kebutuhan seharihari dengan
konsep pasar moderen, bersih, rapi dan harga bersaing.
Beberapa tahun kemudian terjadi perkembangan
yang sangat istimewa, dimana Matahari membuka beberapa cabang lainnya seperti
di Blok M, dan Pasar Senen. Kemudian tahun 1980 adalah tahun dimana Matahari
pertama kali membuka cabang pertama di luar Jakarta, yaitu dengan nama Sinar
Matahari yang terletak di Bogor, Jawa Barat.
Pada tahun 1995 pihak
manajemen Matahari, memantapkan diri untuk fokus pada bisnis Supermarket.
Supermarket merupakan bagian dari bisnis retail, yang menjual kebutuhan
sehari-hari dengan harga yang bersaing. Pada tahun 1999, PT. Matahari Putra
Prima menciptakan suatu pruduk – produk unggulan yang disebut Private Brand,
dengan maksud Matahari Departement Store mempunyai merek yang mana departement
store lain tidak memilikinya, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi
konsumen dan membangun loyalitasterhadap toko.
Pada tahun 2000
lahirlah kartu pelanggan yang berisi banyak manfaat, yang dinamakan Matahari
Club Card (MCC). Kehadiran kartu ini disambut gembira oleh para pelanggannya
terbukti dengan banyaknya pelanggan yang segera mendaftarkan diri untuk
mendapatkan kartu MCC. Dengan menggunakan kartu ini pada setiap berbelanja,
maka untuk setiap transaksi kelipatan 10.000 rupiah akan mendapakan 3 poin yang
dapat di akumulatifkan untuk ditukarkan dengan voucher belanja. Kelebihan
program anggota MCC ini sangatlah didukung oleh kecanggihan Teknologi Informasi
dimana para pelanggan dapat mengecek jumlah point yang telah dikumpulkan melalui
MCC Center pada setiap toko Matahari Department Store ataupun melalui
www.matahari.co.id .Selain Online nomor pelanggan yang sudah tercatat dalam
database perusahaan pelanggan akan mendapatkan informasi harga barang di
Matahari setiap bulan, dan diikutsertkan dalam undian berhadiah bila pelanggan
berbelanja setiap produk di Matahari dengan jumlah tertentu pada hari yang
sama. Selain itu tujuan utama diluncurkannya program membership dari MCC ini
adalah meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap Matahari. Selanjutnya pada
tahun 2003 manajemen Matahari mendeklarasikan new supermarket concept pada
dunia retail di Indonesia.
Visi perusahaan ini adalah menjadi perusahaan retail berkelas
internasional,
sedangkan misinya
adalah menjadikan perusahaan retail Indonesia yang dominan dan
modern serta
berwawasan global.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar