Senin, 14 November 2016

SEJARAH DAN PRODUK DARI PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE

Sekilas Tentang  PT.MATAHARI DEPARTMENT STORE.Tbk
Saat ini banyak nama Matahari Depatment Store adalah nama yang tidak asing bagi kebanyakan orang, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Nama ini lekat dengan suatu bangunan yang cukup megah, berada di tengah kota, dan banyak memberikan potongan harga untuk penjualan barang-barang tertentu, khususnya untuk fashion, makanan dan minuman. Matahari merupakan brand Image untuk kelas menegah ke atas dan banyak dijumpai di kota-kota besar di seluruh Indonesia.
PT. Matahari Department Store, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang retail, baik department store ataupun supermarket. Pada bidang department store PT. Matahari Department,Tbk telah menyediakan aneka kebutuhan mulai dari pakaian sampai kebutuhan alat - alat rumah tangga, dimana komposisi yang ada di Matahari Department Store tergantung dari tipe dari sebuah toko Matahari Department Store .

Adapun komposisi produk dari segi tipe sebuah toko sebagai berikut :

·         Untuk Tipe Toko A ( Total Nilai Penjualan pertahun > 50 miliar) dengan komposisi produk 70% produk konsinyasi (produk supplier yang dititipkan pada Matahari Department Store) dan 30% produk Private Brand.
·         Untuk Tipe Toko B ( Total Nilai Penjualan pertahun 30 > 50 miliar) dengan komposisi produk 60% produk konsinyasi dan 40% produk Private Brand.
·         Untuk Tipe Toko C ( Total Nilai Penjualan pertahun < 30 miliar) dengan komposisi produk 50% produk konsinyasi dan 50% produk Private Brand
·          Perkembangan grup Matahari sudah sedemikian luas, sehingga tidak hanya Department Store saja, tetapi juga sudah merambah pada Minimarket, Supermarket (khusus menjual makanan dan minuman), bahkan Hypermarket yang terkenal dengan nama Hypermart. Saat ini Hypermart telah membuka cabang utama di Serpong, Tangerang pada bulan April 2004. Kehadiran Hypermart telah meningkat suhu persaingan yang sangat tinggi diantara Hypermarket sekitar daerah Serpong, karena di daerah tersebut telah ada Hypermarket Makro (Belanda), Carefour (Perancis) dan Giant (Grup Hero kerja sama dengan Malaysia) .



Perkembangan grup Matahari yang sangat pesat itu, tentu saja tidak lepas dari perjalanan dan perjuangan keras perusahaan ini di masa lalu. Pendiri Matahari adalah Hari Darmawan, dimana pada tahan 1958 adalah tahun pertama beliau bersama keluarganya membuka toko Matahari di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pada saat dibuka ruangan yang digunakan adalah masih sederhana, hanya satu lantai dan hanya berfokus pada penjualan pakaian dan kosmetik Selanjutnya terjadi kemajuan yang menggembirakan dimana omset yang didapat toko Matahari semakin naik secara signifikan, sehingga pada tahun 1972 toko Matahari memutuskan untuk memperluas tempat usahanya di tempat tersebut. Selain itu jumlah dan jenis barang juga ditambah tidak hanya menjual fashion saja, tetapi juga makanan, minuman, peralatan rumah tangga dan peralatan elektronik. Pada tahun itu juga Matahari mengukuhkan dirinya sebagai pionir atau toko yang pertama dalam membuka Supermarket di Indonesia. Pada tahun 1972 Supermarket dalam hal ini dapat diartikan sebagai toko serba ada yang mejual kebutuhan seharihari dengan konsep pasar moderen, bersih, rapi dan harga bersaing.
Beberapa tahun kemudian terjadi perkembangan yang sangat istimewa, dimana Matahari membuka beberapa cabang lainnya seperti di Blok M, dan Pasar Senen. Kemudian tahun 1980 adalah tahun dimana Matahari pertama kali membuka cabang pertama di luar Jakarta, yaitu dengan nama Sinar Matahari yang terletak di Bogor, Jawa Barat.

Pada tahun 1995 pihak manajemen Matahari, memantapkan diri untuk fokus pada bisnis Supermarket. Supermarket merupakan bagian dari bisnis retail, yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga yang bersaing. Pada tahun 1999, PT. Matahari Putra Prima menciptakan suatu pruduk – produk unggulan yang disebut Private Brand, dengan maksud Matahari Departement Store mempunyai merek yang mana departement store lain tidak memilikinya, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen dan membangun loyalitasterhadap toko.

Pada tahun 2000 lahirlah kartu pelanggan yang berisi banyak manfaat, yang dinamakan Matahari Club Card (MCC). Kehadiran kartu ini disambut gembira oleh para pelanggannya terbukti dengan banyaknya pelanggan yang segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu MCC. Dengan menggunakan kartu ini pada setiap berbelanja, maka untuk setiap transaksi kelipatan 10.000 rupiah akan mendapakan 3 poin yang dapat di akumulatifkan untuk ditukarkan dengan voucher belanja. Kelebihan program anggota MCC ini sangatlah didukung oleh kecanggihan Teknologi Informasi dimana para pelanggan dapat mengecek jumlah point yang telah dikumpulkan melalui MCC Center pada setiap toko Matahari Department Store ataupun melalui www.matahari.co.id .Selain Online nomor pelanggan yang sudah tercatat dalam database perusahaan pelanggan akan mendapatkan informasi harga barang di Matahari setiap bulan, dan diikutsertkan dalam undian berhadiah bila pelanggan berbelanja setiap produk di Matahari dengan jumlah tertentu pada hari yang sama. Selain itu tujuan utama diluncurkannya program membership dari MCC ini adalah meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap Matahari. Selanjutnya pada tahun 2003 manajemen Matahari mendeklarasikan new supermarket concept pada dunia retail di Indonesia.

Visi perusahaan ini adalah menjadi perusahaan retail berkelas internasional,
sedangkan misinya adalah menjadikan perusahaan retail Indonesia yang dominan dan


modern serta berwawasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer